Bagaimana Cara Untuk Memahami Firman Allah

MEMINTA – Tuhan untuk berhubung dengan dengan kita . Dalam doa, mulai dengan perlahan-lahan, mengundang Tuhan untuk hadir. Mulailah dengan fokus dan terbuka untuk melihat apa yang Allah bagi kita.

MEMBACA – bagian yang dipilih dari Kitab Suci perlahan. Mencatat kata-kata dan ayat-ayat di dalam alkitab yang memberikan hikmat atau dorongan ataupun nasihat bagi kita ,baca berulang kali jika perlu.

MENCERMINKAN – apa yang telah kita baca dan dengar dari ALKITAB koneksi ataupun hubungan apa yang kita lihat pada saat ini dalam hidup kita? Bagaimana mungkin Tuhan akan berbicara kepada kita melalui kata-kata ini? Berilah waktu untuk membiarkan akar dari Firman Tuhan ini untuk bekerja di dalam hidup kita dan belajar mengucap syukur selalu .

MERESPON – ke Alkitab,berbicara langsung kepada Allah tentang apa yang ada di pikiran dan hati kita .Kita harus mencari cara untuk menjalani apa yang telah ditemukan – secara individu dan dengan gereja kita dan berusahalah mencari cara untuk membawa atau menerapkan lagi apa yang telah kita temukan atau alami kepada sesama atau orang lain.

Baca Kejadian 1:1-31 dan Kejadian 2:1-4 maka kita akan mengetahui bagaimana Allah menciptakan langit dan bumi dan juga manusia!

                FIRMAN YANG TELAH MENJADI MANUSIA

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya
                                                   [Yohanes‬ ‭1:1-5‬ ‭]

Kalau kita baca di dalam alkitab dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru,kita seharusnya sudah mengetahui bahwa Firman itu telah menjadi manusia dan sudah diam di antara kita semua.Tetapi kita tidak mengenal-Nya seperti apa yang telah di tuliskan di dalam Alkitab:
⁃ Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.
                                                         [Yohanes‬ ‭1:10-11‬ ‭]

Sebelum kedatangan Yesus,Allah telah mengutus Yohanes untuk memberikan kesaksian tentang kedatangan Juruselamat Tuhan kita Yesus Kristus
Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan:
             Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,
                                                         [Lukas‬ ‭3:3‬ ‭]
Supaya di genapi firman Allah yang di tulis oleh Nabi Yesaya;

• Ada suara yang berseru-seru: Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran; maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, Tuhan sendiri telah mengatakannya.
                                                           [Yesaya‬ ‭40:3-5‬ ‭]

                    HARI TUHAN

Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman Tuhan semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka. Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang. Kamu akan menginjak-injak orang-orang fasik, sebab mereka akan menjadi abu di bawah telapak kakimu, pada hari yang Kusiapkan itu, firman Tuhan semesta alam. Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum. Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu. Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.
                                                           ‭‭ [Maleakhi‬ ‭4:1-6‬ ‭]

Advertisements

One thought on “CARA UNTUK MEMAHAMI FIRMAN ALLAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s