LANGKAH-LANGKAH MEMBANGUN HEALTHY SELF-ESTEEM 
“Self-esteem ( harga diri ) healthy self-esteem atau harga diri yang sehat/benar”
Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

‭‭ Ef‬esus 2:1, 8-10‬ ‭
Kita memang tidak bisa menentukan kapan di lahirkan,masuk ke dalam golongan etnis yang mana,dan siapa yang akan menjadi orang tua kita.Semuanya telah di tentukan oleh Tuhan.Oleh karena itu,kita perlu bergantung sepenuhnya kepada Tuhan,karena dia yang paling mengerti pribadi kita.
 • Berikut ini beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memiliki Healthy Self-esteem:

 1. LIHAT HIDUP DARI SUDUT PANDANGAN DAN RENCANA TUHAN
Gunakan cara pandangan Tuhan untuk melihat diri sendiri dan dunia di sekeliling kita.Terimalah kebenaran Firman Tuhan dengan hati yang terbuka,yaitu kebenaran tentang bagaimana Tuhan melihat kehidupan kita.Ia sangat mengasihi kita,oleh karena itu setiap pagi ketika kita bangun katakanlah, 
“Tuhan terimakasih buat hari yang indah ini yang sudah Engkau ciptakan untuk aku,aku di cintai oleh Tuhan . Aku adalah kebenaran di dalam Kristus,aku biji mata Tuhan,aku di berkati; hari ini adalah satu hari terbaik dalam hidupku”.
Lakukanlah hal-hal yang sederhana ini,apa yang kita katakan itu mengandung kuasa.Ketika kita memperkatakan kebenaran atas hidup kita,maka kita akan menerimanya terlebih dahulu di alam roh dan kemudian dimanifestasikan di alam jasmani.
 2. TIDAK BERFOKUS PADA DIRI SENDIRI DAN MASA LALU
Move forward! Masa lalu,apakah yang baik ataupun yang buruk dapat menjadi PENJARA bagi diri seseorang. Jadikan masa lalu sebagai kaca spion untuk kita mawas dalam berjalan untuk meraih hidup yang berbuah dan masa depan yang cemerlang.Ketahuilah bahwa kekuatan dan keseimbangan diri dapat kita bangun pada waktu kita memiliki saat teduh yang teratur.Karena pada saat itulah,kita akan selalu diingatkan tentang apa yang Tuhan katakan,dan melalui tuntunan Roh Kudus kita diingatkan untuk merenung dan bercermin diri tentang hal-hal yang harus kita lakukan ataupun hindari.

 3. FOKUS PADA KELEBIHAN DAN BUKAN KELEMAHAN DIRI
Setiap kita adalah pribadi yang unik,tiada duanya.Kita ini custom made dan bukan fabrikasi,diciptakan sesuai dengan rencana dan tujuan Tuhan yang besar.Oleh karena itu,Tuhan pasti menanamkan talenta-talenta yang merupakan kelebihan pada diri kita.Temukan rencana dan tujuan Tuhan dalam hidup kita,lalu kembangkan talenta-talenta yang Tuhan sudah taruh dalam diri kita untuk memenuhuni rencana dan tujuan-Nya itu.
 4. PUNYA PIKIRAN YANG TERBUKA DAN BERSEDIA MENERIMANYA KOREKSI

Belajarlah untuk menerima masukan,terutama dari orang-orang terdekat yang Tuhan sudah percayakan dalam hidup kita seperti; orangtua,teman komsel,pembina rohani,suami/istri,bahkan izinkan diri kita menerima masukan dari anak-anak kita.Mintalah nasihat-nasihat dari orang dewasa secara rohani,maka hidup kita aka di bangun dengan masukan atau saran-saran yang positif,oleh karena itu berdoalah agar Tuhan juga mengirimkan mentor yang tepat dalam hidup kita.
 5. MILIKI PERTEMANAN YANG SEHAT DAN BENAR DALAM HIDUP
Tuhan menciptakan kita sebagai mahkluk sosial supaya kita dapat saling memberikan pengaruh satu sama lain.Oleh karena itu,komunitas dan pertemanan kita akan membawa dampak dan pengaruh besar kepada self-esteem kita.Teman yang benar dan baik tidak manipulatif dan pasti ingin melihat temannya meraih keberhasilan.Komunitas yang tepat,sama halnya dengan sebuah gereja lokal yang tepat juga dapat menolong kita memiliki healthy self-esteem.

Copy/paste from I am Number Two by Ps Daniel Hendrata

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s